Rabu, 24 Juni 2009

All abaut Crankshaft

The Crankshaft ato biasa di sebut dengan krukas, terkadang begitu saja ke disingkat engkol ini mah bahasa ank stm ama anak yg kenyang makan bangku kuliah,adalah bagian dari mesin yang menterjemahkan reciprocating linear piston ato kerenya adalah pergerakan dari sebuah piston dari titik mati atas sampai titik mati bawah yang gerakanya naik turun itu di liner na menjadi sebuah gerakan rotasi. nah disini fungsi utama dari sebuah Crankshaft To convert the reciprocating motion into rotation, the crankshaft has "crank throws" or " crankpins " bahasa gaul na sih eh gaul kayak ank ank jaman sekarang aja ngomong na LOe gak Ge'ol men katrok katrok kata tukul lokok jadi ngantur konsen tarsi dan perhatikan apa yang teerjadi alah opo to yo iki balik grak ampe mana td ya eeee mikir nih fungsi utama dari sebuah askruk adalah untuk mengkonvert dari pergerakan naik dan turun sebuah piston "kayak pepatah setinggi tinggi na tupai loncat akhirnya turun juga" nlantur maneh sampai mana ya oya mengkonvert pergerakan piston menjadi sebuah perputaran melalui Crank Throws ato kerenya Pen kruk as atau Big End Yang dege itu lo di sekitar kruk as, kerugian terbesar pertama dari sebuah proses rotasi mesin adalah di pin kruk as atau dikenal dengan Big End disitulah gesekan terbesar dan awal dari segala proses suatu siklus motor, terkadang untuk mengurangi gesekan yg sangat merugikan tersebut para perancang tak sedikit yang menambahkan bearing kruk as agar pergerakan big end bisa maksimal

Biasanya cie cie kruk as terhubung langsung ke Flywheel ato bisa disebut Roda gila. disini fungsi utama dari flymheel adalah untuk mereduksi getara yang terjadi akibat berputarnya dari as kruk dan juga menjadi moment putir yang menhasilkan torque ato torsi untuk menjalankan siklur 4 langkah.

sitem as kruk pertama kali ditemukan di iraq lo ato Iraqi sekitar tahun 1136 .

Tidak ada komentar: